Memahami Penyakit Pada Anak

Hampir tidak ada penyakit anak yang langsung parah, kebanyakan penyakit pada anak dimulai dengan penyakit ringan, seperti demam, batuk pilek, diare dan konstipasi atau sulit buang air besar. Penyakit parah pada umumnya terjadi kerena penyakit yang ringan tidak teratasi dengan baik

kita renungkan sejenak mengapa kini wabah penyakit seperti demam berdarah, flu burung, TBC, hepatitis semakin berkembang padahal dunia kedokteran semakin maju, industri obat farmasi semakin hebat, jenis obat obatan baru untuk melawan penyakit semakin banyak ditemukan, dan penelitian semakin banyak dilakukan, mengapa semua ini seolah olah tidak memiliki dampak yang benar benar berarti dalam melakukan pencegahan berbagai penyakit.

Para ahli terus menerus disibukan untuk mencari obat penawar yang tanpa disadari banyak meninggalkan efek samping dan merusak daya tahan tubuh manusia. Tanpa disadari pula, sebenarnya kita telah melupakan obat yang paling hebat yang diciptakan penciptanya, dan sudah ada dalam tubuh manusia sejak manusia dibentuk dalam rahim ibunya. Yaitu immune system, sebuah system imun yang super canggih. Jangankan nyamuk penyebab demam berdarah virus yang sangat ganas manapun tidak akan bias dengan mudah masuk ke dalam tubuh yang system imunitasnya sangat baik

Hampir tidak ada penyakit anak yang langsung parah, kebanyakan penyakit pada anak dimulai dengan penyakit ringan, seperti demam, batuk pilek, diare dan konstipasi atau sulit buang air besar. Penyakit parah pada umumnya terjadi kerena penyakit yang ringan tidak teratasi dengan baik.

Sumber utama kebanyakan penyakit adalah pola hidup dan pola makan, demikian juga pada anak. Kebanyakan para orang tua lebih menekankan pada penyiapan stok berbagai obat untuk meredam berbagai keluhan pada anak ketika gejala muncul. Seperti obat deman untuk penurun panas, obat batuk pilek, obat antidiare, dan obat laktasif untuk sulit buang air besar. Para orang tua lebih siap meredam berbagai gejala penyakit, daripada memahami berbagai gejala penyakit, daripada memahami karakter tubuh anak atau memahami mengapa anak kita sakit.

Kebiasaan orang tua yang selalu membawa anaknya ke dokter ketka sakit belumlah cukup untuk mengatasi, apalagi kepasrahan ibu pada obat yang diberikan dokter untuk mengobati penyakit anaknya.

Kerena itu, setiap ibu harus belajar jadi dokter bagi anaknya dan harus memahami karakter tubuh anaknya baik-baik. Banyak penyakit awal pada anak bia diatasi tanpa obat, cukup dengan kasih saying seorang ibu dan perbaikan pola makan pada anak. Ingat, penyakit kronis muncul karena pnyakit ringan yang tidak teratasi dengan baik.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...